Slide

Contact Admin

Jumat, 07 Oktober 2011

VIDEO: Steve Jobs dan Bill Gates Saling Puji


Jum'at, 7 Oktober 2011, 06:05 WIB
Bayu Galih
VIVAnews - Ungkapan duka atas kematian pendiri Apple, Steve Jobs juga disampaikan pesaingnya, Bill Gates. Selama bertahun-tahun, Gates bersama Microsoft-nya bersaing dalam industri komputer dengan Jobs dan Apple.









Walau menjadi kompetitor, Gates mengaku bersahabat baik dengan Steve Jobs. "Steve dan saya pertama kali bertemu sekitar 30 tahun lalu. Kami sejak itu menjadi kolega, kompetitor, dan sahabat," kata Gates, seperti dikutip dari laman The Wall Street Journal.

Tak hanya itu, Bill Gates dan Steve Jobs pun pernah saling menyampaikan pujian saat berada dalam satu panggung. Dalam sebuah wawancara D5, yang diadakan laman teknologi All Things Digital pada 2007, Gates memberikan pandangannya tentang Jobs, dan sebaliknya. 

Saat itu, Jobs menyebut Bill Gates sebagai sosok penting di industri software. Di mata Steve Jobs, Bill Gates merupakan orang yang pertama kali menjadikan software sebagai sebuah industri.

"Saya pikir dia (Bill Gates) membangun perusahaan software pertama, sebelum satu orang pun di industri yang kami jalani tahu apa itu perusahaan software," ucap Steve Jobs.

"Saya pikir hal terbesar adalah, Bill sangat fokus dengan software sebelum hampir tak ada orang lain yang punya petunjuk bahwa itu merupakan software," lanjut Jobs.

Sementara itu, Bill Gates memuji hasil kerja Steve Jobs yang telah mengembangkan industri PC sejak '70-an. Dengan produk komputer Apple II, Bill Gates menganggap Steve Jobs menghadirkan sebuah fenomena tersendiri.

"Apa yang telah dilakukan Steve cukup fenomenal. Dan jika Anda melihat lagi ke tahun 1977, dengan komputer Apple II, ide bahwa itu akan menjadi mesin yang diproduksi massal, merupakan pertaruhan unik yang dilakukan Apple--sama seperti produknya," ujar Bill Gates memuji Steve Jobs.

"Tapi, idenya (Apple II) itu kemudian menjadi sebuah fenomena hebat yang luar biasa, Apple mewujudkan mimpi itu," lanjut Gates.

Dalam wawancara yang dipandu wartawan Wall Street Journal (All Things Digital memang media yang dimiliki Wall Street Journal) Walt Mossberg dan Kara Swisher itu, baik Bill Gates dan Steve Jobs terlihat sangat santai.

Steve Jobs yang tampil dengan pakaian hitam berkerah kura-kura, seperti yang biasa dipakai saat memperkenalkan iPod, iPhone, dan iPad, beberapa kali tertawa lepas mengenang persaingan produk Apple dan Microsoft sejak '80-an. Gates dan Jobs juga tertawa saat mengenang kerja sama mereka, terutama ketika mengenang spesifikasi komputer saat itu yang masih terbilang rendah.

Bill Gates pun sempat mengenang, persaingan Apple dan Microsoft tidak terasa seru ketika Steve Jobs tak lagi berada di Apple. Walau keuangan Apple tetap seimbang setelah Steve Jobs pergi, tapi Apple tidak memiliki keunikan.

"Saat itu, kita tahu, Apple tidak bisa melakukan diferensiasi produknya secara baik," ucap Gates. Ingin melihat kembali penampilan keduanya, klik videonya di tautan ini. (art)
• VIVAnews

Follower