Slide

Contact Admin

Rabu, 18 Agustus 2010

Vietnam Devaluasi Mata Uang Lagi

Moneter

Rabu, 18 Agustus 2010
13:13 WIB

Pecahan uang Vietnam senilai 1.000 dong


HO CHI MINH CITY, KOMPAS.com — Untuk ketiga kalinya sejak November tahun lalu, Vietnam kembali mendevaluasikan mata uang dongnya. Pemerintah Vietnam menerapkan kebijakan ini untuk menaikkan ekspor dan bursa Vietnam yang terpuruk belakangan ini.



Di perdagangan pagi ini, nilai tukar dong berada di level 19,425 per dollar AS, setelah Bank Sentral Vietnam menurunkan patokan nilai dong sebesar 2 persen yang bertujuan untuk mengontrol defisit perdagangan. Sementara bursa Ho Chi Minh City juga turun 1,6 persen ke level 455,96, memperpanjang rekor penurunan yang terus terjadi sejak Mei silam.



Ekonom Barclays Capital di Singapura, Prakriti Sofat, mengatakan, pelemahan nilai mata uang bisa mendongkrak angka ekspor dan makin membuat pemerintah jadi terfokus untuk menaikkan pertumbuhan ekonomi di tengah angka inflasi yang cenderung stabil.



"Tujuan utama kebijakan Bank Sentral Vietnam ini tak lain dan tak bukan untuk menyeimbangkan permintaan dan ketersediaan mata uang asing dan juga untuk mendukung eksportir," kata Sofat.



Bulan lalu, neraca perdagangan Vietnam kembali melebar dari bulan sebelumnya, setelah jatuhnya ekpor. Defisit Vietnam bulan lalu mencapai 1,15 miliar dollar AS, setelah bulan sebelumnya defisit hanya sebesar 742 juta dollar AS.



Sebelumnya, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung mengatakan, ekonomi Vietnam bisa tumbuh 7 persen tahun ini, lebih tinggi dari proyeksi awal tahun yang sebesar 6,5 persen atau pertumbuhan ekonomi Vietnam tahun lalu yang sebesar 5,3 persen. (Agung Ardyatmo/Kontan)

Tidak ada komentar:

Follower