Slide

Contact Admin

Rabu, 11 Agustus 2010

Economy - Fiskal & Moneter






"Redenominasi Bakal Berlangsung Mulus!"

Jum'at, 6 Agustus 2010 - 14:48 wib TEXT SIZE : Rheza Andhika Pamungkas - Okezone

Foto: Koran SI BANDUNG - Bank Indonesia (BI) meyakini bahwa program penyederhanaan nilai nominal mata uang (redenominasi) rupiah akan berlangsung mulus.



Hal ini dikatakan Biro Kebijakan Moneter BI Yudha Agung kepada wartawan dalam acara workshop wartawan bertema Korelasi Stabilitas Moneter dan Sistem Keuangan, di Hotel Jayakarta, Bandung, Jumat (6/8/2010).



"Redenominasi akan berlangsung mulus jika, pertama, masyarakat mengetahui dengan jelas apa perbedaan antara sanering dengan redenominasi," ujarnya.



Kedua, lanjutnya, perlunya masa transisi yang baik selama proses redenominasi tersebut. Menurutnya, masa transisi sangatlah penting dalam proses redenominasi.



"Saat studi mengenai proses redenominasi di Turki, ada masa transisi peralihan antara proses uang lama dengan uang baru. BI telah melakukan kajian tentang redenominasi ini sejak dua tahun yang lalu," tambahnya.



Sebelumnya kemarin sore Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah juga mengatakan, masyarakat tidak perlu terlalu khawatir dengan rencana redenominasi BI.



"Seperti kata Pak Darmin (Gubernur BI beberapa waktu yang lalu) masyarakat jangan khawatir dengan rencana redenominasi rupiah ini karena hal ini tidak terkait dengan penurunan daya beli yang diakibatkan oleh penurunan inflasi," ujarnya kemarin.



Menurutnya, rencana penyederhanaan mata uang rupiah ini ditujukan bukan hanya untuk kepentingan BI saja, tetapi lebih kepada kepentingan masyarakat.(ade)

http://economy.okezone.com/read/2010/08/06/20/360444/redenominasi-bakal-berlangsung-mulus

Tidak ada komentar:

Follower