Slide

Contact Admin

Senin, 05 Maret 2012

Mengunci dan menyembunyikan rumus di MS Excel

Pengen ngumpetin rumus2 excel kamu agar aman tidak berubah atau hilang, ini ane kasih tips cara mengunci dan menyembunyikan rumus di Excel




  1. Secara default seluruh cell dalam lembar kerja excel dalam kondisi terkunci atau locked. Untuk itu pilih semua cell dengan cara Block semua cell. Setelah itu tekan klik kanan ---> pilih Format Cell 
  2. Pada jendela Format Cell klik pada tab Protection. Kemudian hilangkan tanda centang pada Locked. Dan Klik OK. Dari sini semua cell sudah tidak terkunci.
  3. Blok cell yang terdapat rumusnya ( atau sesuai keinginan )
  4. Buka kembali jendela Format Cell dan pilih Tab Protection.
  5. Beri tanda centang atau aktifkan Locked dan hidden kemudian klik OK
  6. Pada menu excel pilih review dan pilih Protect Sheet
  7. Pada jendela yang muncul aktifkan atau beri tanda centang pada pilihan yang mau di kunci di allow all users of this worksheet to :
  8. Pada password to unprotect sheet, masukkan password anda dan klik OK
  9. Muncul confirm password, masukkan lagi password anda. Klik OK
  10. Simpan data anda dengan menekan tombol Ctrl + S.
  11. Untuk membuka kunci atau unprotect sheet bisa dilakukan pada Format kemudian pilih Unprotect Sheet dan masukkan password anda.

Sekarang data dan rumus anda telah terkunci dan terhidden

Create By Sidik Abdullah

Tidak ada komentar:

Follower