Dalam kehidupan
sehari-hari, kita hendaknya mencari cara terbaik untuk memecahkan setiap
masalah yang terjadi. Tetapi, saat menghadapi suatu masalah seringkali
kita terkecoh, sehingga walaupun masalah tersebut terpecahkan, tetapi
pemecahan yang ada bukanlah suatu pemecahan yang efisien dan justru
malah terlalu rumit.
1. Kasus kotak sabun yang kosong terjadi di salah satu perusahaan
kosmetik yang terbesar di Jepang. Perusahaan tersebut menerima keluhan
dari pelanggan yang mengatakan bahwa ia telah membeli kotak sabun yang
kosong. Dengan segera para pimpinan perusahaan menceritakan masalah
tersebut ke bagian pengepakan yang bertugas untuk memindahkan semua
kotak sabun yang telah dipak ke departemen pengiriman. Tim manajemen
meminta para teknisi untuk memecahkan masalah tersebut. Dengan segera,
para teknisi bekerja keras untuk membuat sebuah mesin sinar X dengan
monitor resolusi tinggi yang dioperasikan oleh dua orang untuk melihat
semua kotak sabun yang melewati sinar tersebut dan memastikan bahwa
kotak tersebut tidak kosong.
Tak diragukan lagi, mereka bekerja keras dan cepat tetapi biaya yang
dikeluarkan pun tidak sedikit. Tetapi saat ada seorang karyawan di
sebuah perusahaan kecil dihadapkan pada permasalahan yang sama, ia tidak
berpikir tentang hal-hal yang rumit, tetapi ia muncul dengan solusi
yang berbeda.
Ia membeli sebuah kipas angin listrik untuk industri yang memiliki
tenaga cukup besar dan mengarahkannya ke garis pengepakan. Ia menyalakan
kipas angin tersebut, dan setiap ada kotak sabun yang melewati kipas
angin tersebut, kipas tersebut meniup kotak sabun yang kosong keluar
dari jalur pengepakan.
2. Pada saat NASA mulai mengirimkan astronot ke luar angkasa, mereka
menemukan bahwa pulpen mereka tidak bisa ber fungsi di gravitasi nol,
karena tinta pulpen tersebut tidak dapat mengalir ke mata pena. Untuk
memecahkan masalah tersebut, mereka menghabiskan waktu satu decade dan
12 juta dolar. Mereka mengembang kan sebuah pulpen yang dapat berfungsi
pada keadaan-keadaan seperti gravitasi nol, terbalik, dalam air, dalam
berbagai permukaan termasuk kristal dan dalam derajat temperatur mulai
dari di bawah titik beku sampai lebih dari 300 derajat Celcius. Dan
apakah yang dilakukan para orang Rusia? Mereka menggunakan pensil!
3. Suatu hari, seorang pemilik apartemen menerima komplain dari
pelanggannya . Para pelanggan mulai merasa waktu tunggu mereka di pintu
lift terasa lama seiring bertambahnya penghuni di apartemen itu. Sang
pemilik apartemen mengundang sejumlah pakar untuk memecahkan masalah
tersebut. Seorang pakar menyarankan agar menambah jumlah lift. Pakar
kedua meminta pemilik untuk mengganti lift yang lebih cepat, dengan
asumsi, semakin cepat orang terlayani. Kedua saran tadi tentu memerlukan
biaya yang tidak sedikit.
Tetapi, pakar ketiga hanya menyarankan satu hal, bahwa inti dari
komplain pelanggan anda adalah mereka merasa lama menunggu. Pakar tadi
hanya menyarankan kepada sang pemilik apartemen untuk menginvestasikan
kaca cermin di depan lift, supaya para pelanggan teralih kan
perhatiannya dari pekerjaan ‘menunggu’dan merasa’tidak menunggu lift’.
It works !
Filosofi KISS ( Keep It Simple Stupid ), yaitu selalu mencari solusi
yang sederhana, sehingga bahkan orang bodoh sekalipun dapat
melakukannya. Cobalah menyusun solusi yang paling sederhana dan
memungkinkan untuk memecahkan masalah yang ada. Maka dari itu, kita
harus belajar untuk fokus pada solusi daripada pada berfokus pada
masalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar