Sumber : http://sumberdayaskripsi.blogspot.com/2011/12/memanfaatkan-fitur-track-changes-dalam.html
Fitur sangat bermanfaat yang disediakan Word yang
seharusnya dimanfaatkan oleh para dosen dan mahasiswa, lebih-lebih dosen
dan mahasiswa universitas berwawasan global, adalah fitur Track
Changes. Bagi dosen, fitur ini bermanfaat untuk memberikan saran
perbaikan terhadap naskah proposal atau skripsi mahasiswa, sedangkan
bagi mahasiswa bermanfaat untuk mengoreksi naskah proposal dan skripsi
yang telah dibuat sesuai dengan yang disarankan oleh dosen pembimbing.
Tentu saja, agar dapat memanfaatkan fitur ini secara optimal, naskah
proposal maupun skripsi harus disampaikan kepada dosen dalam bentuk file
elektronik, bukan dalam bentuk hardcopy. Selain itu, naskah harus
diketik dengan cara Word, bukan menggunakan Word tetapi dengan cara
mesin ketik. Maksudnya, pengetikan harus dilakukan dengan mengaktifkan
semua fitur Word. Misalnya, untuk membuat nomor urut harus digunakan
fitur penomoran yang disediakan oleh Word, bukan dengan mengetiikan
angka nomor secara manual.
Selama ini dosen memberikan saran perbaikan terhadap
naskah atau proposal mahasiswa dengan menuliskan pada format hardcopy
yang diserahkan oleh mahasiswa. Untuk membuat hardcopy tersebut,
mahasiswa harus mencetak naskah yang telah dibuatnya. Untuk mencetak
naskah tersebut, mahasiswa perlu membeli kertas dan tinta. Untuk
mengoreksi naskah hardcopy, dosen memerlukan pensil atau ball point.
Dengan menggunakan fitur Track Changes, semua itu tidak lagi diperlukan.
Dengan begitu penggunaan kertas, tinta, pensil, dan ballpoint dapat
dihemat sehingga pohon yang harus ditebang untuk membuat kertas dan
limbah yang harus dibuang dari pembuatan sebuah skripsi dapat dikurangi.
Dampak positif lebih lanjut adalah bahwa jejak karbon (carbon foot print) yang ditinggalkan dari pembuatan sebuah skripsi dapat dikurangi.
Fitur Track Changes terdiri atas tiga bagian, yaitu
fitur Comments, Tracking, dan Changes. Pada Word 2007 ketiga fitur
tersebut tampak sebagaimana pada gambar berikut:
Untuk mengomentar naskah, fitur Track Changes harus
terlebih dahulu diaktifkan dengan mengklik tanda segitiga terbalik di
sebelah tulisan Track Changes pada kelompok menu Tracking dan kemudian
mengklik pilihan Track Changes pada menu dropdown yang muncul. Setelah
fitur track changes diaktifkan sebaiknya file disimpan dengan nama lain
sehingga file asli tidak terganggu. Untuk mengatur bagaimana komentar
akan ditampilkan, klik pilihan Change Tracking Options pada menu
dropdown yang tampil setelah mengklik tanda segitiga terbalik di sebelah
tulisan Track Changes:
Silahkan atur warna yang digunakan untuk menandai
komentar dengan meilih yang sesuai dengan keinginan. Komentar dapat
diberikan secara “inline”, yaitu langsung pada naskah atau dalam
“balloons”, yaitu kotak di sebelah halaman ketik. Atur hal ini terlebih
dahulu sebelum memberikan komentar dengan mengklik tanda segitiga
terbalik di bawah tulisan Balloons. Kotak komentar dapat ditampilkan
secara vertical di sebelah kanan halaman ketik atau secara horizontal di
bawah halaman ketik. Untuk memilih, silahkan klik tanda segitiga
terbalik di sebelah tulisan Reviewing Pane. Untuk memberikan komentar,
dosen dapat melakukan:
- Untuk memperbaiki langsung secara inline, ketikkan perbaikan langsung pada halaman ketik dengan menghapus bagian yang salah dan mengetikkan perbaikannya. Misalnya untuk memperbaiki kalimat “Menurut Rektor Undana (2011) mengatakan …”, blok seluruh kalimat tersebut dan ketikkan perbaikannya menjadi “Rektor Undana (2011) menyatakan …” atau “Menurut Rektor Undana (2011), …”
- Untuk memberikan komentar yang bukan merupakan perbaikan langsung, misalnya untuk menanyakan sesuatu yang kurang dapat dipahami, klik kotak New Comment dan kemudian bila sebelumnya telah diatur bahwa komentar diberikan dalam kotak balloon maka ketikkan komentar di dalam kotak balloon yang muncul.
Setelah selesai memberikan komentar, jangan lupa menyimpan naskah yang telah diberi komentar tersebut.
Bagi mahasiswa, yang perlu dilakukan adalah membaca
seluruh saran perbaikan dan komentar yang telah diberikan oleh dosen.
Untuk itu, pertama-tama naskah yang telah diberi komentar oleh dosen
pembimbing harus disimpan dahulu dengan nama baru sehingga komentar
dosen tetap utuh sehingga bias kembali dibaca kemudian. Kemudian, yang
harus dilakukan adalah menerima atau menolak saran yang diberikan
setelah terlebih dahulu membaca secara hati-hati setiap saran dan
komentar yang diberikan. Untuk maksud tersebut, yang kemudian perlu
dilakukan adalah:
- Untuk saran yang diberikan secara “inline”, mahasiswa dapat menerima atau menolak saran dengan mengklik tanda segitiga terbaik di bawah tulisan Accept atau Reject pada kemompok menu Changes. Penerimaan atau penolakan saran dapat dilakukan satu per satu atau secara keseluruhan sekaligus. Hal yang terakhir dapat dilakukan setelah seluruh perbaikan dibaca dan dipandang masuk akal. Untuk menerima/menolak saran satu per satu, klik tanda segitiga terbalik di bawah tulisan Accept/Reject lalu pilih Accept and Move to Next/Reject and Move to Next. Untuk menerima/menolak seluruh saran secara sekaligus, klik tanda segitiga terbalik di bawah tulisan Accept lalu pilih Accept all Changes Shown/Reject all Changes Shown atau Accept all Changes in Document/Reject all Changes Shown.
- Untuk menindaklanjuti saran yang diberikan oleh dosen dalam kotak balloon, mahasiswa harus melakukan perbaikan sebagaimana yang disarankan atau menolak saran yang diberikan. Dalam hal menerima saran perbaikan maka mahasiswa dapat melakukan perbaikan sebagaimana yang disarankan dan kemudian menghapus kotak saran yang diberikan dosen dengan mengklik tanda segitiga terbailik di bawah tulisan Delete pada kelompok menu Comments lalu pilih Delete. Bila komentar ditolak, sebaiknya komentar dosen jangan dihapus tetapi berikan alasan penolakan dengan mengklik New Comment dan kemudian mengetikkan alasan penolakan.
Setelah selesai memberikan melakukan perbaikan untuk
menanggapi saran perbaikan yang diberikan dosen pembimbing, jangan lupa
menyimpan naskah yang telah diperbaiki tersebut dengan nama baru.
Mudah-mudahan tulisan singkat ini bermanfaat bagi dosen
maupun mahasiswa yang ingin membantu mengurangi jejak karbon pembuatan
sebuah skripsi. Tentu saja hal ini tidak dengan sendirinya dapat
mengatasi pemanasan global, tetapi daripada hanya apatis, jauh lebih
baik berbuat sesuatu meskipun sekecil apapun. Dan juga, daripada hanya
semboyan, mudah-mudahan tulisan ini juga dapat membantu mewujudkan
global oriented university. Sebab, saat ini, kalau seorang dosen
memasukkan artikel ke jurnal ilmiah internasional, artikel akan
dikomentari oleh reviewer dengan cara ini, sebelum dapat dimuat.
1 komentar:
I do not even know the way I ended up right here, however I thought this submit used to be great. I don't realize who you're however definitely you're going to a well-known blogger in case you are not already. Cheers!
Posting Komentar